Waduh!! Dugaan Proyek Dana Desa Fiktif Lagi?

0
BhasaFM
Lokasi proyek dana desa yang disinyalir fiktir di Desa Kalianget Kecamatan Banyuglugur (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Lagi-lagi proyek pengerjaan fisik yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD), ditengarai bermasalah. Dugaan proyek dana desa fiktif ini diungkapkan LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA).

Tak tanggung-tanggung, anggaran proyek tersebut sekitar 400 jutaan. Dugaan proyek dana desa fiktif itu berada di Dusun Sletreng Selatan dua titik dan di Dusun Taman, Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur.

Menurut Bupati LIRA, Didik Martono, pihaknya akan melaporkan dugaan proyek fiktif itu ke aparat penegak hukum. Pengerjaan proyek tersebut melalui anggaran Dana Desa tahap kedua.

Ironisnya kata Didik, meski proyek tahap kedua itu belum dikerjakan, namun anggaran dana desa tahap ketiga masih dicairkan. Anggaran proyek tahap ketiga sudah rampung dikerjakan.

BACA JUGA :  KPU Situbondo Libatkan Penyandang Disabilitas Bekerja Lipat Surat Suara

Didik mengaku, berdasarkan hasil temuan di lapangan, tiga proyek dana desa yang tidak dikerjakan itu berupa proyek jalan rabat beton di dua lokasi, serta proyek pembangunan jalan paving.

Sementara itu, Dikonfirmasi terpisah, Camat Banyuglugur, Sigit Raharjo,  kepada para wartawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembinaan agar proyek tersebut dikerjakan. “dari pihak kami sebenarnya sudah melakukan pembinaan kepada kepala desa dan juga telah dibuatkan surat pernyataan untuk mengerjakan proyek ini pada bulan November lalu”,terangnya.

Oleh karena itu, Sigit menyerahkannya ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), untuk menindak lanjuti masalah proyek fisik DD di Desa Kalianget.