Warga Miskin Pengidap Penyakit Kronis Akhirnya di Rujuk ke Rumah Sakit

0
BhasaFM
Sunahwi, Warga Miskin Pengidap Penyakit Kronis Akhirnya di Rujuk ke Rumah Sakit (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Setelah bertahun-tahun melawan penyakit kronis, Sunahwi akhirnya bisa diobati. Berkat Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS, pria berusia 47 tahun itu bisa dirujuk ke rumah Sakit.

Warga miskin yang tinggal di Dusun Cerpat, Desa Kedunglo, Kecamatan Asembagus, mengidap penyakit kronis beberapa tahun terakhir ini. Ditengah himpitan ekonomi yang pas pasan, Sunahwi  yang hanya berprofesi sebagai buruh tani, harus berjuang melawan penyakit ganas ditubuhnya.

sudah tiga tahun ini Sunahwi mengidap penyakit kronis di bagian perutnya. Kondisi perut yang kian membesar membuat keluarganya tak bisa berbuatĀ  banyak. Sunahwi sempat berobat ke salah satu rumah sakit di Banyuwangi 2017 silam. Namun dua tahun berselang penyakitnya kembali kambuh.

BACA JUGA :  Susahnya Tertibkan Masyarakat Untuk Pakai Masker

Melalui pendamping Tenaga Kerja Sosil Kecamatan (TKSK) Asembagus dan Dinas Sosial Situbondo, kini Sunahwi sudah di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdoer Rahem Situbondo.  Kabarnya, Sunahwi akan di rujuk ke Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya untuk menjalani operasi bedah.

Menurut TKSK Asembagus, Badri, saat ini penyakit Sunahwi memang sudah ditangani petugas medis. Masalah selanjutnya kata Badri, pihak keluarga tak memiliki biaya untuk menjaganya selama pasien berada di rumah sakit.

Badri mengaku, pihak keluarga masih terkendala biaya  hidup selama menunggu Sunahwi di rumah sakit. Apalagi, jika di rujuk ke Surabaya pasti biaya hidup semakin tinggi.