Warga Situbondo Positif Corona Menjadi Lima Orang, Ada Pasien Menolak Diisolasi

0
Bhasafm
Update penyebaran virus Corona di Situbondo (foto: istimewa)

Situbondo- Jumlah warga Situbondo positif virus Corona terus bertambah menjadi lima orang, tersebar di empat Kecamatan. Penderita baru yang diumumkan Senin sore kemarin, berasal dari Kecamatan Banyuputih.

Saat ini, ada tiga pasien Corona sedang menjalani perawatan medis, sedangkan dua pasien lainnya sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Kedua pasien tersebut sempat dinyatakan negatif, namun hasil Balitbangkes terkonfirmasi positif Corona.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, dua pasien itu sebelumnya di rawat di Rumah Sakit dr. Soebandi Jember. Awalnya keduanya dinyatakan negatif berdasarkan hasil laboratorium di Jawa Timur. Namun setelah ada perubahan protap pemeriksaan tersentral ke Balitbangkes pemerintah pusat, keduanya kemudian dinyatakan terkonfirmasi positif Corona.

Dadang mengatakan, saat ini Satgas Covid-19 masih  terkendala membawa kembali dua pasien tersebut ke rumah sakit, karena pihak keluarga bersikukuh negatif Corona. Satgas sedang melakukan negosiasi untuk membawa keduanya ke ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoer Rahem.

BACA JUGA :  Doa Bersama Untuk Pilkada Damai

Dadang mengaku, selama proses negosiasi dengan pihak keluarga, dirinya meminta kedua pasien Corona itu melakukan isolasi mandiri di rumah, agar tidak terjadi penularan kepada warga sekitar.

Selain itu kata Dadang, saat ini Dinkes sedang melakukan pelacakan kontak erat dengan orang-orang yang sebelumnya berhubungan dengan kedua pasien. Pelacakan memang agak cukup panjang, mengingat salah satu pasien sempat beberapa hari tinggal di rumah keluarganya di Jember saat pulang dari rumah sakit.

Saat ini Kabupaten Situbondo masuk zona merah, menyusul ditemukannya lima orang warga terkonfirmasi positif Corona. Mereka berasal dari Kecamatan Bungatan berjumlah dua orang pasien, serta tiga orang lainnya berasal dari Kecamatan Panarukan, Besuki dan Banyuputih.

Data terbaru yang dirilis Pemkab Situbondo menyebutkan, meningkatnya jumlah pasien Corona, menyebabkan jumlah ODP atau Orang Dengan Pemantauan juga bertambah menjadi 125 dari sebelumnya 121 orang. Sedangkan jumlah PDP atau Pasien Dengan Pemantauan berjumlah dua orang.