Pemkab Lucurkan Aplikasi Sitem Berjaya, Pencari Kerja Cukup Pakai HP Bikin Kartu Kuning

0
49
Wakil Bupati Situbondo, Ny. Hj. Khoirani saat melihat proses pembuatan kartu kuning melalui program aplikasi Sistem Berjaya (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj Khoirani menghadiri peluncuran aplikasi Sistem Berjaya di balai kantor Kecamatan kota Situbondo, Rabu kemarin. Aplikasi Sistem Berjaya yaitu singkatan dari Bersiap Kerja dan Berkarya, yang merupakan program inovasi berbasis IT Dinas Ketenagakerjaan.

Dengan Sistem Berjaya tersebut para pencari kerja tak perlu datang ke kota untuk membuat AK1 atau kartu kuning. Cukup menggunakan hand phone pencari kerja sudah bisa membuat kartu kuning dan bisa di print di mana saja.

Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani mengaku mengapresiasi terobosan inovasi Dinas Ketenagakerjaan. Melalui inovasi Sistem Berjaya akan sangat membantu  para pencari kerja.

“Mereka tidak perlu repot-repot bolak balik datang ke kota. Cukup menggunakan HP dari rumah sudah bisa memproses pembuatan kartu kuning,” terngnya.

Menurut Wabup, program inovasi Sistem Berjaya akan sangat memudahkan masyarakat, terutama bagi anak lulusan sekolah yang sedang mencari pekerjaan dan tinggal di pedesaan. Oleh karena itu, Wabup meminta dinas Dinas Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi program tersebut agar masyarakat bisa cepat mengakses.

BACA JUGA :  30 Tahun Warga Krisis Air Bersih, Pergantian Pemimpin Tak Pernah Ada Solusi

“Agar program ini cepat berkembang dan diketahui publik, Dinas Ketenagakerjaan segera melakukan sosialisasi. Apalagi pembuatan Kartu Kuning ini gratis, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pemkab Situbondo, Didik Sulistiyono, mengatakan, bahwa program inovasi Sistem Berjaya merupakan jawaban atas keluhan yang selama ini disampaikan pencari kerja. Program  Sistem Berjaya itu merupakan ide Bupati Karna Suswandi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Akhirnya oleh Bupati Disnaker diminta membuat program inovasi baru dan disepakati bersama dengan nama Sistem Berjaya.” terangnya.

Menurut Didik, pihaknya tidak hanya akan melakukan sosialisasi program sistem berjaya, melainkan akan menyebarkan luaskan peluncuran pengesahan peraturan perusahaan berbasis online. Selama ini banyak kendala, karena pengesahan peraturan perusahaan harus datang ke Kantor Disnaker. Sosialiasi program inovasi dan perluasannya perangkatnya dilakukan secara bertahap. Diperkirakan semua Kecamatan sudah rampung Desember 2022 mendatang.

“Peluncuran pertama baru di Kecamatan kota Situbondo. Selanjutnya akan diperluas ke seluruh Kecamatan,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain