29.3 C
Situbondo
Selasa, Juni 25, 2024

Pemkab Siapkan Dua Model Pengelolaan Pasir Putih dan Banongan

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi mengaku akan segera mengkaji dua konsep pengelolaan dua perusda pasca dibubarkan. Pengelolaan perusda pasir putih dan perusda Banongan bisa dikelola Pemkab atau dikelola pihak ketiga.

“Bahwa tujuan akhir dari pembubaran dua perusda ini agar kedepan pengelolaannya akan lebih baik lagi dan nyata memberikan kontribusi,” ujarnya, saat ditemui usai rapat paripurna di Kantor DPRD, Kamis, 13 Oktober 2022.

Menurut Karna Suswandi, dua model pengelolaan perusda pasir putih dan perusda Banongan akan dikaji secara bersama-sama, agar kedepan dua perusda tersebut dapat memberikan kontribusi meningkatkan PAD atau Pendapatan Asli Daerah.

bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat menandatangani berita acara persetujuan pembubaran dua perusda di Kantor DPRD Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

“Meski usukan pembubaran dua perusda disetujui DPRD, namun para pekerja tak usah gusar karena mereka akan tetap bekerja,” tuturnya.

BACA JUGA :  Jamaah Haji Dengan Riwayat Penyakit Risiko Tinggi Jalani Mabit Murur

Karna Suswandi menambahkan, Pemkab mengusulkan pembubaran dua perusda tersebut, karena berdasarkan hasil evaluasi bahwa pengelolaannya kurang optimal. Dua perusahaan milik Pemkab itu belum mampu menjadi sumber pendapatan daerah untuk menikatkan PAD.

“Ini bukan karena menggunakan power kekuasan, bukan begitu. Tujuan akhir dari semua ini adalah agar pengelolaan dua perusahan milik Pemkab itu lebih baik dan mampu meningkatkan PAD. Bukan seperti sekarang,” katanya.

Lebih jauh Karna Suswandi mengatakan, selama beberapa tahun terakhir ini perusda pasir putih sama sekali tidak menyetor PAD. Begitu juga Perusda Banongan, PAD yang disetorkan sangat kecil, tak sebanding dengan luasnya perkebunan yang dikelola.

BACA JUGA :  Demo di Mapolres Situbondo, Mahasiswa PMII Situbondo Tuntut Penertiban Tambang Ilegal

“Atas pertimbangan itulah, maka Pemkab mengusulkan dua perusda untuk dibubarkan,” katanya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles