Pemkab Situbondo Adakan Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis

0
76

Situbondo, bhasafm.co.id- Pemkab Situbondo bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat John Fawcett Foundation membuka layanan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis di GOR Baluran.

Kegiatan yang berlangusng mulai Senin hingga Kamis ini diikuti sekitar 2.000 penderita katarak dan gangguan penglihatan lainnya. Mereka berasal dari 136 desa/kelurahan di Kabupaten Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, prevalensi penderita katarak di Kabupaten Situbondo masih cukup tinggi yakni 1,9 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 5 ribu orang yang menderita katarak.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, angka tesebut bisa ditekan sehingga program jangka panjang untuk membebaskan masyarakat Situbondo dari katarak dan gangguan mata lainnya bisa tercapai.

Sementara itu, Project Manager John Fawcet Foundation, Komang Wardhana mengaku, operasi katarak dan pemeriksaan gangguan mata lainnya kembali dilaksanakan di Kabupaten Situbondo, setelah tiga tahun vakum karena pandemi COVID-19.

Kata Komang Wardhana, John Fawcett Foundation sudah lama bekerjasama dengan Pemkab Situbondo, yaitu sejak 2017. Namun karena pandemi COVID-19, baru hari ini bisa melaksanakan kembali kegiatan kemanusiaan berupa operasi katarak dan pemberian kacamata gratis.

John Fawcett Foundation merupakan LSM yang berdomisili di Provinsi Bali, yang memberikan bantuan sosial kemanusiaan salah satunya bidang kesehatan. Untuk kesehatan, JFF fokus melakukan pemeriksaan mata dan operasi katarak di beberapa daerah di Indonesia salah satunya Situbondo.

Katanya, memilih Situbondo untuk kegiatan pemeriksaan mata gratis dan operasi katarak yaitu karena jangkauannya dekat dan mudah dari Bali. Juga karena jumlah penderita katarak di Situbondo cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.