Pemkab Situbondo Akan Pasang 390 Tiang Listrik PJU Menuju Kawasan Dusun Merak

0
212
bhasafm
Bupati Karna Suswandi ditemani Hj. Jumaati (istri) menimba air saat berkunjung ke Dusun Merak Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo akan mulai menggarap fasilitas publik bagi warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Sejauh ini, sekitar 2000 warga dusun Merak nyaris tak pernah tersentuh pembangunan, mengingat lokasinya berada di kawasan terpencil di tengah kawasan taman nasional Baluran.

Kali ini, Pemkab menyiapkan pemasangan Penerangan Lampu Umum (PJU). Ada sekitar 11 kilo meter dari kawasan Karang Tekok menuju kawasan dusun merak akan dipasang PJU.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Situbondo, Eko Prayudi, pihaknya sudah meninjau lokasi bersama PLN Situbondo untuk pemasangan PJU. Ada 309 titik PJU akan dipasang sepanjang 11 kilometer menuju kawasan dusun Merak.

“Kami sudah melakukan survey lapangan bersama PLN. Sesuai perintah Bupati Karna Suswandi kami akan memasang PJU sebagai wujud program Bupati “Merak Menyala”, katanya.

Eko menambahkan, selain meninjau pemasang PJU, pihaknya juga melibat kepala dusun Merak  melakukan survey rumah tidak layak huni. Survey ini sebagai tindak lanjut program Bupati “Birulah” yang merupakan singkatan Bikin Rumah Layak Huni.

BACA JUGA :  Buntut Persidangan di Pengadilan Agama Pengacara Polisikan Oknum Pengacara

Eko mengaku sudah mendata 92 rumah warga Dusun Merak tidak layak huni dan akan jadi sasaran program. Selain itu, ada 240 rumah belum memiliki jamban untuk BAB.

“Untuk penerangan baru fokus pada PJU. Sejauh ini sebagian warga Dusun Merak menggunakan listrik tenaga mesin genset karena lokasinya sulit terjangkau aliran listrik PLN,” terangnya.

Perlu diketahui. Selama puluhan tahun warga Dusun Merak nyaris tak tersentuh pembangunan. Bupati Karna Suswandi mulai berencana menggarap akses infrastruktur jalan ke dusun merak sekaligus untuk pengembangan destinasi wisata Merak-Baluran.

Sudah berulangkali Karna Suswandi berkunjung ke Dusun Merak. Beberapa waktu lalu, Karna Suswandi juga mengajak forum CSR dan Unicef melihat dusun yang nyaris terisolir, karena tak punya akses infrastruktur jalan. Satu-satu jalur darat menuju dusun merak yaitu melewati jalan setapak menerobos hutan Baluran. Akses lainnya menggunakan jalur laut menggunakan perahu dari pelabuhan Desa Sumberwaru atau dari pesisir dusun Mimbo Desa Sumberwanyar.

Reporter: Zaini Zain