Pemkab Situbondo dan UNEJ Akan Bersinergi Kembangkan Potensi Sumberdaya Alam

0
28
bhasafm
Foto bupati dan UNEJ (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Karna Suswandi menyampaikan berbagai potensi Kabupaten Situbondo yang akan dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berbagai potensi yang akan dikembangkan itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam acara pembahasan rancangan Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Negeri Jember (UNEJ), beberapa waktu lalu.

Menurut Karna Suswandi, ada beberapa potensi yang dikembangkan diantaranya sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikan serta pariwisata. Oleh karena itu, Pemkab akan bersinergi dengan UNEJ untuk mengembangkan berbagai sektor potensial sumberdaya alam.

“Jadi, kami ingin bersinergi dengan UNEJ diberbagai sektor seperti penelitian, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Situbondo,” katanya, ditemuai usai acara di salah hotel di Jember, Jumat, 5 November 2021.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Jember, Prof Yuli Witono mengatakan, UNEJ ingin bersinergi dengan Pemkab Situbondo, agar keberadaan UNEJ melalui program pengabdian masyarakat akan terasa oleh masyarakat Situbondo.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Turun Langsung Salurkan Bantuan Pupuk Urea Gratis

“Misalnya mahasiswa KKN akan diperluas untuk membantu mengembangkan potensi masyarakat Situbondo. Selama ini sudah ada kerjasama mungkin sizenya yang akan diperluas,” ujarnya.

Menurut Yuli Witono, Kabupaten Situbondo memiliki potensi sumberdaya alam luar biasanya, salah satunya pada sektor maritim. Kabupaten Situbondo memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur.

“Situbondo punya luas garis pantai 150 kilometer. Ini salah potensi luar biasa dan perlu dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Situbondo,”tuturnya.

Reporter: Zaini Zain