25.2 C
Situbondo
Rabu, Desember 6, 2023

Pemkab Situbondo Luncurkan Aplikasi Perpustakaan Digital

Situbondo- Satu lagi inovasi Pemkab Situbondo. Kali ini, inovasi diluncurkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berupa digitalisasi perpustakaan dan kearsipan (Tali Pusar). Peluncuran “Tali Pusar” berlangsung  di Ruang Intelligence Room lantai II Pemkab Situbondo, Selasa kemarin.

Bupati Situbondo Karna Suswandi,  mengapresiasi inovasi perpustakaan digital tersebut. Diharapkan,  melalui inovasi Tali Pusar kian meningkatkan minat baca di kalangan pelajar dan masyarakat umum.

“Kita harus memiliki budaya membaca. Karena dengan membaca diri kita bisa berkembang sehingga memiliki daya kreativitas dan inovasi,” katanya.

Menurut Karna Suswandi, inovasi perpustakaan digital ini diharapkan berdampak positif terhadap masyarakat dan para pelajar. Ia mengaku optimis, melalui kebiasaan membaca akan mampu mengikuti perkembangan zaman.

“Karena kemampuan berpikir dan kecerdasan itu harus diasah. Sehingga nantinya para pelajar di Situbondo bisa memiliki ide-ide yang cemerlang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Situbondo, Ahmad Junaidi, mengatakan, bahwa inovasi perustakaan digital guna meningkatkan kualitas literasi.  Saat ini, pihaknya memiliki berbagai program inovasi untuk membudayakan minat membaca.

BACA JUGA :  Aksi Pencurian Handphone dan Kericuhan Terjadi Ketika Konser Dangdut

“Kami juga masih inovasi-inovasi lainnya, diantaranya pelayanan 7 hari kerja masyarakat puas (Pantura Mas), ini merupakan layanan perpustakaan selama 7 hari. Mulai Senin sampai Minggu,” ujarnya.

Selain itu kata Junaidi,  saat ini pihaknya sedang merancang aplikasi baru dengan nama khas kearifan lokal. Aplikasi yang sedang dirancang itu akan diberi nama Tajin Paleppa, yaitu untuk mempermudah dan mempercepat pencarian dokumen arsip daerah di semua OPD.

BACA JUGA :  Kabupaten Situbondo Raih Penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa dari Kementerian Kesehatan

“Kami masih punya inovasi lain seperti berkeliling cerita untuk anak di masa depan (Becak Mapan). Yaitu layanan berkeliling ke sekolah-sekolah, desa, tempat wisata, sebagai upaya jemput bola menumbuhkan minat baca anak-anak melalui metode bercerita,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles