Pemkab Situbondo Menggelar Pembinaan Hippa Untuk Antisipasi Kekeringan

0
46
Bupati Situbondo Karna Suswandi menghadiri Pengukuhan Anggota Komisi Irigasi Kab Situbondo dan Pembinaan Hippa (Foto oleh Diana RRI)

Situbondo, bhasafm.co.id- Pemerintah Kabupaten Situbondo mengumpulkan seluruh pengurus Himpunan Petani Pemakai Air atau HIPPA untuk mendapatkan pembinaan dalam rangka mengantisipasi ancaman kekeringan yang dimungkinkan terjadi.

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, pembinaan bagi pengurus HIPPA ini sangat penting, karena mereka mempunyai tugas salah satunya untuk mengatur irigasi agar petani bisa mengairi sawahnya sekalipun di musim kemarau.

 

Bupati Karna Suswandi mencontohkan, bahwa sudah ada beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat yang mengalami kekeringan.  Meskipun demikian, Bupati optimis Situbondo tidak akan mengalami kekeringan karena selain bersumber dari sungai, juga ada sumur bor mandiri dan sumur bor yang dibuat pemerintah.

BACA JUGA :  Desa Curah Tatal Terdampak Kekeringan Musim Kemarau

 

Bupati Karna Suswandi mengatakan tugas pengurus HIPPA antara lain, mengatur air untuk kebutuhan irigasi, membagi pola tanam yang disesuaikan dengan kondisi air saat kemarau, dan memfasilitasi irigasi saat air mulai berkurang.

 

Pembinaan terhadap pengurus HIPPA berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo yang diikuti oleh seratus lebih pengurus HIPPA yang tersebar di 17 kecamatan di Situbondo.