Pemkab Situbondo Siap Salurkan Bantuan Pupuk Bagi Petani

0
47
bhasafm
Kepala DTPHP Pemkab Situbondo, Hariyadi Tedjo Laksono (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo akan memberikan bantuan pupuk gratis bagi puluhan ribu petani. Bantuan ini hanya akan diberikan kepada petani yang memiliki luas lahan di bawah 0,4 hektar.

Kepala  Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Situbondo, Haryadi Tedjo Laksono, mengatakan, ada 36.558 petani akan mendapatkan bantuan pupuk jenis urea. Para petani penerima bantuan sudah terdaftar di e-RDKK atau Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani.

“Saat ini masih proses lelangi LPSE. Sekitar sebulan lagi bantuan pupuk sudah akan mulai didistribusi kepada petani,” ujarnya.

Menurut Hariyadi, untuk pengadaan bantuan pupuk jenis urea ini menghabiskan anggaran Rp. 13 Miliar 973 juta. Anggaran sebesar itu akan digunakan membeli pupuk non subsidi sekitar 2.645 ton.

“Pemerintah membeli pupuk non subsidi ke distributor dan disalurkan kepada petani masing-masing akan menerima 50 kilogram,” terangnya.

BACA JUGA :  Apresiasi Bungatan Fishing Tourism, Bupati Situbondo Dukung Ada Event Mancing Mania Nusantara

Sementara itu, Amirullah, salah seorang petani asal Kecamatan Bungatan mengaku senang akan mendapat bantuan pupuk jenis urea dari pemerintah.  Apalagi bantuan pupuk hanya diberikan kepada petani yang memiliki lahan di bawah 0,4 hektar.

“Saya kira bantuan ini tepat sasaran karena diberikan kepada petani langsung yang lahannya sedikit bukan dinikmati tuan takur atau pemilik lahan yang luas,” ujar Amir.

Amir berharap bantuan pupuk sebagai bentuk keperpihakan pemerintah dibawah duet Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani. Bantuan pupuk diharapkan dapat membantu petani yang kerap mengeluhkan kelangkaan pupuk.

“Semoga akan ada program-program lain dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Situbondo,” katanya.

Reporter: Zaini Zain