80 Pengidap HIV AIDS Meninggal Dunia Selama 2017 Hingga Juli 2018

0

Situbondo- Jumlah pengidap HIV AIDS meninggal dunia di Situbondo cukup tinggi. Ada 80 pengidap HIV AIDS meninggal dunia, selama 2017 hinggga Juli 2018.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Situbondo, pada tahun 2017 ditemukan 200 pengidap HIV AIDS, 60 penderita diantaranya meninggal dunia. Sedangkan sejak Januari hingga Juli 2018, ditemukan 96 penderita baru. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 penderita sudah meninggal dunia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Abu Bakar Abdi, saat ini Dinas Kesehatan menerapkan operasi senyap, untuk mendeteksi pengidap HIV AIDS. Jika ditemukan indikasi penderita langsung mendapatkan perhatian khusus.

Abu Bakar mengaku, Dinas Kesehatan juga melibatkan PMI mendeteksi penderita. Selain itu, ibu-ibu yang sedang hamil juga menjalani pemeriksaan HIV AIDS, agar bayi yang dikandungnya tak sampai tertular.

Oleh karena itu kata Abu Bakar, penanganan HIV AIDS sudah dilakukan dari hulu ke hilir, mulai langkah pencegahan hingga pengobatan. Bagi penderita yang sudah mendapatkan pengobatan, akan mengembalikan penderita dari AIDS ke HIV.