Dinsos Gelar Sekolah Pancasila, Pelajar Juga Dibekali Mitigasi Bencana

0
BhasaFM
Sekolah Pancasila di Kantor Dinas Sosial Pemkab Situbondo (24/10) (foto: Zaini Zain)

Situbondo-Dinas Sosial Pemkab Situbondo menggelar sekolah Pancasila, agar para generasi bisa mengamalkan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dinsos juga memberikan materi edukasi mitigasi kebencanaan.

Ada puluhan siswa SMA Negeri 2 Situbondo mengikuti sekolah Pancasila di Kantor Dinas Sosial, Rabu (24/10) pagi kemarin. Di sekolah Pancasila ini, para siswa juga mendapatkan materi wawasan kebangsaan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemkab Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, sekolah Pancasila ini untuk menggelorakan semangat juang anak-anak muda. Di era revoluasi teknologi informasi sekarang ini, para siswa harus terus dipacu agar bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Lutfi menambahkan, penanaman dan pengamalan Pancasila harus dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kelima sila yang terkandung di dalamnya dipraktekan, hal itu akan menciptakan kerukunanan baik di lingkungann sekolah maupun dalam kehidupan masyarakat.

Lutfi mengaku, masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku,agama dan budaya. Keberagaman tersebut dipersatukan di dalam nilai-nilai Pancasila.

Lutfi menambahkan, saat ini Dinas Sosial mengadakan sekolah Pancasila bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Situbondo. Selanjutnya kata Lutfi, pihaknya akan melakukan kegiatan serupa dengan sekolah lain, mengingat penanaman ideologi Pancasila sangat penting bagi para generasi muda.

Lebih jauh Lutfi Joko Prihatin mengatakan, para siswa juga dibekali wawasan kebencanaan. Dipandu personil Tagana, para siswa diberi pemahaman mitigasi bencana.