Dispendikbud Berencana Merubah UASBN Berbasis Komputer Tahun Depan

0
BhasaFM
UASBN (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Sudah tiga hari ini para siswa tingkat SMP dan MTs mengikuti  Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, berencana merubah UASBN berbasis computer tahun depan.

Rencana perubahan sistem UASBN tersebut, disampaikan Kepala Dispendikbud Situbondo, Fathor Rakhman, disela-sela memantau UASBN di sekolah, kemarin (12/4).

Menurut Fathor Rakhman, UASBN berbasis komputer pasti akan lebih unggul dibandingkan menggunakan kertas. UASBN berbasis komputer seperti UNBK, akan lebih bagus karena bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran.

Fathor Rakhman mengakui, merubah UASBN tingkat SLTP berbasis komputer memang tidak mudah, karena membutuhkan banyak persiapan. Berbeda dengan UNBK tingkat yang sistemnya sudah disediakan Pemerintah pusat.

Fathor Rakhman menambahkan, UASBN tingkat SMP,MTs sudah dimulai Senin kemarin (9/4) dan akan berakhir Selasa minggu depan. UASBN sama dengan UNBK. Bedanya, UASBN diselenggarakan sekolah. Soalnya juga  dibuat sekolah, namun kisi-kisi soalnya tetap ditentukan pusat.

Oleh karena itu kata Fathor Rakhman, hasil UASBN akan menentukan kelulusan siswa. Jika hasil UASBN siswa bagus, pasti hasil UNBK juga akan bagus.

Lebih jauh Fathor Rakhman mengatakan, pelaksanaan UASBN meliputi semua mata pelajaran. Fathor Rakhman meminta para siswa mengedapankan kejujuran mengerjakan soal-soal ujian .