Pengajian Kitab Selama Ramadhan di Ponpes Sukorejo, Kiai Azaim Ngajar Tafsir, Kiai Afif Ngajar Bidayah

0
110
bhasafm
Pengajian Kitab Sullam Taufiq di Mushalla Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pengajian kitab kuning sudah menjadi tradisi di pondok pesantren, tak terkecuali selama bulan Ramadhan, Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, melangsungkan pengajian berbagai kitab-kitab klasik secara offline maupun online.

Pengajian diisi pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah KH. R. Ahmad Azaim Ibrahimy, dan wakil pengasuh KH. Afifudin Muhadjir.  Kiai Azaim mengajar tafsir al Qur’an Jalalain, sedangkan  Kiai Afifudin Muhadjir mengajar kitab Bidayatul Hidayah. Selain itu, ada juga ustadz senior seperti Ust. Muhyidin Khotib, mengajar kitab Sullam Taufiq dan Sullam Safinah.

Menurut Kasubag Pengajian Pondok Pesantren  Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, Ust. Isryad Syam, pengajian  kitab selama Ramadhan hanya diikuti para Kepala Kamar serta santri yang tidak pulang kampung selama liburan Ramadhan.

BACA JUGA :  Cerita KH.Muhammad Nasrullah, Warga Tionghoa Yang Diislamkan Kiai As’ad

“Pengajian kitab hanya khusus kepala kamar dan santri yang tidak pulang. Namun masyarakat bisa mengikuti secara online melalui chanel S3TV,” ujarnya, Selasa, 20 April 2021

Isryad menambahkan, pengajian kitab kuning dipercepat dan akan berakhir pada tanggal 10 Ramadhan. Percepatan itu dilakukan karena menyesuaikan dengan adanya peraturan pemerintah tentang larangan mudik.

“Biasanya pengajian baru selesai hingga pertengahan Ramadhan. Tapi kali ini sampai 10 Ramadhan,” terangnya.

Ada enam pengajian kitab kuning selama Ramadhan. Pengajian berlangsung setelah sholat fardhu, kecuali ba’da sholat Maghrib tidak ada pengajian.

Reporter: Zaini Zain