Pengembangan Wisata Merak-Baluran Masuk Prioritas Nasional

0
73
bhasafm
Menteri PPN, Suharso Monoarfa saat berkunjung ke Taman Nasional Hutan Baluran, Minggu, 18 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kehadiran Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Suharso Monoarfa, menjawab keinginan Pemkab Situbondo untuk mengembangkan wisata Merak-Baluran di Kecamatan Banyuputih.

Menurut Suharso Monoarfa, pengembangan destinasi wisata Merak-Baluran akan masuk prioritas nasional. Ada beberapa pembangunan infrastruktur untuk mengembangkan wisata Merak-Baluran, salah satunya pembukaan akses jalan dari padukuhan Merah ke Taman Nasional Baluran. 

“Pembangunan infrastruktur tujuan wisata Merak-Baluran sudah masuk dalam prioritas nasional. Yang penting daerah menjaganya dengan baik, karena ujung tombaknya pemerintah daerah,” ujar Suharso yang juga Ketua Umum DPP PPP.

Pemkab Situbondo mengusulkan membuka akses ke sejumlah objek wisata pantai di kawasan taman nasional, diantaranya Pantai Merak Baluran, Pantai Sijile, Pantai Lempuyang, Batu Hitam, kawasan rumput emas  dan beberapa wisata lainnya yang masih satu kawasan.

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, pengembangan wisata Merak-Baluran, diharapkan akan jadi daya ungkit perekonomian Situbondo. Lokasi wisata satu kawasan dengan Taman Nasional Baluran, diharapkan akan menambah kunjungan wisata ke Situbondo, mengingat lokasinya tidak jauh dari pelabuhan Ketapang maupun Bandara di Banyuwangi.

“Pengembangan wisata baru ini menjadi prioritas kami di sektor pariwisata sekaligus untuk melengkapi destinasi wisata yang ada di Situbondo. Ada tiga wisata akan kami kembangkan yaitu Merak-Baluran, Pantai Pasir Putih dan wisata Religi di Ponpes Sukorejo,” terangnya

Reporter: Zaini Zain