Pengendalian Covid-19 Ditentukan Perilaku Masyarakat Patuhi Prokes

0
51
bhasafm
Abai Prokes-Anggota Polres Situbondo memasangkan masker kepada seorang warga di pasar tradisional (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pengendalian virus Corona tak hanya jadi tanggung jawab Satgas Covid-19, melainkan menjadi tanggung jawab bersama. Masyarakat yang melakukan aktifitas di luar rumah dihimbau mematuhi prokes, salah satunya harus mengenakan masker.

Saat ini, banyak masyarakat di sejumlah pusat perbelanjaan terlihat abai mematuhi prokes. Saat Satgas prokes Polres Situbondo melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional, masih banyak ditemukan pedagang dan pengunjung tak pakai masker.

Menurut KBO Reskrim Polres Situbondo, Iptu Gede Sukamardiyasa, pihaknya blusukan ke pasar-pasar untuk membagikan dan mengingatkan masyarakat agar disiplin prokes.

BACA JUGA :  Terungkap Identitas Emak-Emak Yang Viral Bonceng Pasien Masuk IGD Rumah Sakit Mitra Sehat

“Kami berikan masker bagi masyarakat yang tak mengenakan masker. Kami juga ingatkan masyarakat sesering mungkin melakukan cuci tangan,” katanya.

Iptu Gede menambahkan, Satgas prokes Polres sengaja datang tiba-tiba ke sejumlah pasar tradisional, untuk melihat kepatuhan  pedagang dan pengunjung terhadap protokol kesehatan. Padahal pasar merupakan salah satu tempat berpotensi penularan Covid-19.

“Semua orang berkewajiban saling mengingatkan untuk disiplin Prokes, karena prokes ini untuk kebaikan bersama. Jadi Kita semua harus saling mengingatkan bukan hanya Polisi saja,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain