Perbankan Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Pasar Melalui Marketplace

0
90
bhasafm
Pimpinan Bank Jatim Situbondo,Irwan Eka Wijaya Arsyad (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Perbankan terus melakukan pendampingan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Selain mensupport permodalan, juga melakukan pendampingan agar tak jatuh bangkrut.

Pimpinan Cabang Bank Jatim Situbondo, Irwan Eka Wijaya Arsyad, mengatakan, pihaknya telah melakukan pendampingan bagi 4 ribuan pelaku usaha ultra mikro, yaitu memberikan bantuan rintisan modal berkelanjutan.

“Kita terus jaga agar UMKM ini terus berkembang,” katanya, saat ditemui di kampung Blekok, Desa Klatakan,   Kecamatan kendit, Kamis, 9 September 2021.

Menurut Irawan, ribuan ultra mikro yang sudah dilakukan pendampingan bergerak di berbagai sektor, mulai pertanian, kerajinan maupun  kuliner. Saat ini sudah ada sekitar 1000 pelaku usaha berkembang menjadi pelaku UMKM.

BACA JUGA :  Sakit dan Ibu Hami Bisa Perpanjang SIM Dari Rumah

Irwan menambahkan, pihaknya terus mendorong pelaku UMKM mengembangkan kreatifitasnya, termasuk mendorong pengembangan pasar melalui marketplace atau pasar online. Selain itu, ada beberapa pelaku usaha muda dilakukan pendampingan mengembangkan Startup.

“Kita sering membiayai pelaku UMKM di Situbondo ikut pameran di luar daerah untuk mengenalkan produknya. Beberapa produk yang awalnya hanya laku di pasar lokal kini sudah banyak pesanan dari luar daerah” terangnya.

Reporter: Zaini Zain