10 Hektar Lahan Gambut Tebakar

0
BhasaFM
Kebakaran lahan kosong (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Memasuki musim kemarau kebakaran lahan kosong mulai terjadi. Lahan gambut yang sudah mulai mongering sangat mudah terbakar, meski hanya terkena puntung rokok.

Kali ini, sekitar 10 hektar lahan gambut terbakar di Dusun Setonggak, Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan. Lahan gambut yang berlokasi di sebelah Kantor pembuatan SIM itu mulai terbakar sekitar pukul 2 sore kemarin.

Luasnya lahan yang terbakar membuat petugas pemadam kebakaran agak kesulitan memadamkan kobaran api. Lahan gambut yang sudah mengering menyebabkan kebakaran dengan cepat meluas.

BhasaFM
petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api (foto: Zaini Zain)

Petugas harus berjibaku agar kebakaran tak semakin meluas dan merembet ke areal perumahan penduduk. Kebakaran lahan gambut ini baru berhasil dijinakan sekitar  tiga jam kemudian.

BACA JUGA :  Keretakan Rumah Tangga Berujung Pidana

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, untuk menjinakan api ada empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Puriyono mengaku, belum diketahui penyebab pasti terjadinya kebakaran. Bisa jadi api berasal dari puntung rokok yang di buang sembarangan.