270 Rumah Tersebar di dua Desa di kecamatan Sumbermalang Terkena Putting Beliung

0
rumah warga rusak berat terkena angin puting beliung di Desa Baderan Kecamatan Sumbermalang (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Hujan es disertai angin kencang di Kecamatan Sumbermalang, memicu terjadinya angin putting beliung. Ratusan rumah dilaporkan rusak tersapu angin putting beliung.

Sebagian rumah rusak berat karena tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun warga sempat panic karena khawatir rumah mereka akan roboh.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, ada 270 rumah di Kecamatan terkena angin putting beliung.Data kerusakan rumah tersebut terjadi di dua Desa, yaitu di Desa Baderan dan Desa Taman Kursi.

Di Desa Baderan, sebanyak 148 rumah dilaporkan rusak dan 11 rumah diantaranya dilaporkan rusak besart. Sedangkan sisanya rusak ringan. Selain itu, ada tiga tempat ibadah dan satu Madrasah di Desa Baderan juga dilaporkan rusak ringan.

Sementara di Desa Taman Kursi, ada 122 rumah terkena angin putting beliung. Dari jumlah tersebut sebanyak lima rumah dilaporkan rusak berat dan sisanya rusak ringan.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan, belum ada laporan korban jiwa akibat angin putting beliung tersebut. Puriyono mengaku, data kerusakan rumah bersifat sementara. Data tersebut merupakan hasil kaji cepat di lapangan bersama pihak-pihak terkait di Kecamatan Sumbermalang.