4 Hektar Hutan Baluran Kembali Terbakar

0
BhasaFM
hutan baluran kembali terbakar (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hutan Baluran di Kecamatan Banyuputih kembali terbakar. Tak tanggung-tanggung sekitar 4 hektar lahan dilalap si jago merah.

Akibat luasnya lahan yang terbakar, sempat mengganggu pengguna jalan. Asap dari lokasi kebakaran mengganggu jarak pandang pengendara yang melintas di kawasan hutan baluran.

Data yang diterima Bhasa menyebutkan. Kebakaran hutan kali ini terjadi di Blok Sono Kembang Petak 52. Banyaknya daun jati yang sudah mengering, menyebabkan api dengan cepat meluas.

Agar kebakaran tak semakin meluas,  Petugas Pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi, langsung melokalisir api dengan menyemprotkan air ke  lahan yang belum terbakar. Tidak hanya itu, alat pemadam Slip On dan Ransel Semprot milik PHPA Taman Nasional Baluran,  juga disiagakan di  Blok Bitakol, agar kebakaran tak semakin meluas.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, kebakaran hutan baluran berlangsung sejak pukul 10 pagi hingga pukul 13.00 siang. Api dipadamkan secara manual, melibatkan BPBD, Polsek Banyuputih dan Koramil serta petugas Perhutani.