Asap Kebakaran Hutan Baluran Sempat Ganggu Jarak Pandang Pengendara

0
BhasaFM
lokasi kebakaran di hutan baluran (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hutan baluran di Kecamatan Banyuputih kembali terbakar. Asap berasal dari hutan jati yang terbakar ini, sempat menganggu jarak pandang pengendara yang sedang melintas.

Ada sekitar 3 hektar lahan jati terbakar, di Blok Watu Kenong Unggahan Asem Tlogo Petak 27. Banyaknya daun jati yang sudah mengering, menyebabkan api dengan cepat meluas.

Tim SAR gabungan diterjunkan ke lokasi untuk menjinakan api. Luasnya lahan yang terbakar, menyebabkan petugas kesulitan menjinakan si jago merah. Selain melibatkan mobil pemadam kebakaran, pemadaman juga dilakukan manual.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, kebakaran di hutan Baluran terjadi sekitar pukul 12 siang. Angin yang bertiup kencang menjadi kendala utama proses pemadaman.

Puriyono mengaku, proses pemadaman melibatkan berbagai pihak, mulai BPBD, Damkar, Perhutani, Kepolisian dan TNI. Sejumlah mobil damkar yang diterjunkan ke lokasi tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran. Petugas damkar terpaksa menyemprot lahan yang belum terbakar, agar kebakaran tak semakin meluas.

Puriyono mengaku belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Namun sudah beberapa bulan terakhir ini, kebakaran kerapkali terjadi di kawasan hutan baluran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.