Banyak Hutan Terbakar Sulit Dijangkau, BPBD Butuh Bantuan Alat Pemadam Khusus

0
BhasaFM
kebakaran hutan baluran (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hampir semua hutan di Situbondo mengalami kebakaran selama musim kemarau.  BPBD Situbondo membutuhkan bantuan peralatan khusus, untuk memadamkan api yang sulit dijangkau.

BPBD Situbondo mencatat ada ratusan hektar hutan terbakar dari Kecamatan Banyuglugur hingga Kecamatan Banyuputih. Selain kawasan hutan, lahan gambut yang sudah mengering juga banyak yang terbakar di musim kemarau tahun ini.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, di musim kemarau ini kebakaran merata  dan terjadi hampir di semua Kecamatan se Situbondo.

BACA JUGA :  Dump Truck Pengangkut Pasir Terperosok Karena Bahu Jalan Amblas

Gatot menambahkan, untuk kebakaran hutan terjadi di 30 titik. Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memang agak kualahan memadamkan api di sejumlah titik karena sulitnya medan, seperti yang terjadi di hutan lereng gunung argopuro Kecamatan Sumbermalang.

Gatot mengaku, proses pemadaman kebakaran melibatkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo. Tujuh mobil damkar itu sebagian disiagakan di Kecamatan Besuki dan Asembagus. Satgas Karhutla juga dibantu relawan peduli anti api.

Kedepan kata Gatot, BPBD membutuhkan tambahan peralatan pemadam kebakaran. Peralatan khusus diperlukan untuk memadamkan kebakaran hutan yang medannya sulit dijangkau damkar.