Bencana Banjir Menghantui Warga Bantaran Sungai Situbondo

0
Banjir Dusun Kendit Barat Rt.03 Rw. 02 Desa Kendit Kecamatan Kendit (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hujan lebat beberapa hari terakhir ini menyebabkan sejumlah wilayah Situbondo terendam banjir. Debit air sungai sampean baru  yang kerapkali mengalami peningkatan, menghantui warga yang tinggal di bantaran sungai.(28/01/2018) malam.

Sejumlah rumah warga di Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, terendam air setinggi 50 centi meter. Air masuk ke permukiman warga, karena tanggul sungai sampeyan  baru jebol sepanjang 20 meter. Warga yang masih trauma banjir bandang 2008 silam, memilih berada di luar rumah dan terus memantau debit air sungai.

Hingga pukul 23.00 malam kemarin, tinggi permukaan air sungai sampean baru di Dam 5 Desa Kotakan mencapai 320 centimeter. Badan Penanggulangan Bencana Daerah menaikan status Siaga dan meminta warga tidak panik. Beruntung, debit air berangsur-angsur menurun, karena di Kabupaten Bondowoso hujan juga sudah mulai reda.

Di tempat terpisah, belasan rumah warga di Dusun Kendit Barat Rt.03 Rw. 02, Desa Kendit, Kecamatan Kendit, juga terendam air. Air yang meluber ke permukiman warga karena sungai pembuangan AVOU C 9 dari sungai tambak ukir tak mampu menampung debit air yang terus membesar.

Tinggi genangan air yang masuk ke rumah warga berkisar 20 cente meter. BPBD Situbondo turun ke sejumlah titik berkumpulnya warga meminta untuk tidak panik. Selain banjir disebabkan curah hujan, banjir rob  juga terjadi di Dusun Mandaran, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, senin malam tadi. Puluhan rumah warga di tepi pantai terendam banjir rob dengan ketinggian 20 hingga 30 cente meter.

Menurut Koordinator Pusdalpos BPBD Situbondo, Puriyono, intensitas curah hujan yang tinggi belakangan ini, juga menyababkan tanah longsor di Dusun Jerugen Rt. 01 Rw. 01, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan. Tanah longsor terjadi di tepi jalan desa sepanjang 25 meter. Tanah dari atas tebing setinggi 6 meter menutup sebagian jalan.

Selain itu Kata Puriyono, banjir juga terjadi akibat luapan kali Plalangan di Dusun Bretan, Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan. Debit air yang besar menjobol tangkis sungai sepanjang 200 meter.  Air kemudian mengenangi areal persawahan sekitar 2, 5 hektar lahan padi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.