Ditinggal ke Sawah Rumah Ludes Terbakar, Seekor Sapi Ikut Terpanggang Api

0
BhasaFM
Ditinggal ke sawah rumah ludes terbakar (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Diduga lupa mematikan api usai memasak di dalam tungku, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Tenggir RT 02 RW 04, Kecamatan Panji, sekitar pukul 11 siang kemarin. Tak hanya menghanguskan seluruh bangunan rumah, seekor sapi juga ikut terpanggang api.

Kebakaran rumah pasutri bernama Cung Enik, 65 tahun dan Saniya, 60 tahun  diketahui pertama kali oleh Latif dan Ilyas. Kedua tetangga korban itu langsung berteiak meminta tolong melihat api yang sudah membesar.

Warga bahu membahu memadamkan si jago merah menggunakan alat seadanya. Api yang sudah membesar kian sulit di padamkan hingga merembet ke kandang sapi.

Selain menghanguskan banguan dan seekor sapi jenis limusin yang sedang hamil empat bulan, api juga menghanguskan perabotan rumah termasuk uang tunai milik korban sebesar 2 juta rupiah.

BACA JUGA :  Hutan Terbakar, BKSDA Tutup Pendakian Gunung Argopuro

Kebakaran dahsyat itu bersumber diduga dari  kayu bakar di tungku. Konon sebelum berangkat ke sawah, Saniya istri Cung Enik sedang memasak menggunakan kayu bakar. Kemungkinan sisa api di dalam tungku itu membesar kemudian merembet ke bangunan rumah.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono,  dua unit mobil pemadam kebakaran sudah diterjunkan ke lokasi. Petugas memadamkan sisa api, karena khawatir merembet ke rumah warga yang lain.        

Puriyono mengaku, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini, karena saat kejadian pemilik rumah sedang berada di sawah. Akibat kebakaran ini ditaksir kerugian mencapai 80 jutaan.