Dua Jam Hutan Jati di Petak 40 Desa Klatakan Terbakar

0
BhasaFM
Petugas gabungan berusaha memadamkan api (foto isitmewa) (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Hutan jati sekitar hektar terbakar, sekitar pukul 8 malam kemarin. Hutan yang terbakar berada di petak 40 berlokasi di Dusun Kembangasem, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Tim gabungan terdiri dari Perhutani, BPBD, Polisi dan TNI bahu membahu memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo juga diterjunkan untuk mempercepat proses pemadaman.

Angin yang bertiup kencang serta daun pohon jati   yang sudah mengering menyebabkan api dengan cepat meluas. Sejumlah titik yang tak terjangkau mobil pemadam terpaksa dipadamkan secara manual.

Petugas BPBD juga menggunakan jet shooter untuk memadamkan titik api yang sulit dijangkau. Petugas gabungan baru berhasil menjinakan api dua jam kemudian.

BACA JUGA :  Banyak Hutan Terbakar Sulit Dijangkau, BPBD Butuh Bantuan Alat Pemadam Khusus

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 10 malam, karena luasnya lokasi hutan yang terbakar. Menurut Puriyono, Saat ini penyebab terjadi kebakaran hutan tersebut masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

        Puriyono menambahkan, sejak musim kemarau sudah ada sekitar 22 kali terjadi kebakaran hutan dan lahan. Dari jumlah tersebut paling sering terbakar yaitu lahan gambut yang sudah mengering.