Hutan Terbakar, BKSDA Tutup Pendakian Gunung Argopuro

0
BhasaFM
hutan lereng gunung argopuro terbakar (foto : Zaini Zain))

Situbondo- Hutan di lereng gunung argopuro terbakar. Kebakatan hutan lindung tersebut sudah terjadi sejak Sabtu malam dan hingga sore kemarin api masih belum bisa dipadamkan.

 Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSD) Baderan, Kecamatan Sumbermalang, menutup semua akses jalur pendakian ke gunung Argopuro hingga tasa waktu yang ditentukan, karena khawatir pendaki terjebak di tengah-tengah hutan yang terbakar.

Menurut Koordinator Pusat Pengendalian Operasi BPBD Situbondo, Puriyono, Hutan lindung di lereng gunung Argpuro yang terbakar berada di petak 6A, berada di kawasan Desa Alastengah, Kecamatan Sumbermalang.

Puriyono menambahkan, Petugas kesulitan menjangkau titik api karena lokasinya sangat sulit dilewati. Lokasi  kebakaran tidak bisa dijangkau karena berada di tebing dengan kemiringan 90 drajat. Hingga sore kemarin api masih menyala.

Puriyono mengaku, petugas gabungan hanya bisa memantau pergerakan api. Oleh karena itu, BKSD menutup semua akses pendakian ke Gunung Argopuro, baik dari Baderan Sumbermalang, maupun dari Bremi Probolinggo.

Sejauh ini kata Puriyono kondisinya masih aman. Belum ada laporan pendaki terjebak. Selain itu, lokasi kebakaran juga sangat jauh dari permukiman penduduk.