Satu Jam Hutan Baluran Terbakar

0
BhasaFM
Satu jam hutan Baluran di Kecamatan Banyuputih terbakar (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Lagi-lagi kawasan hutan baluran Kecamatan Banyuputih terbakar. Kebakaran di sisi jalan Pantura itu terjadi sekitar pukul 7 minggu malam.

Petugas gabungan terdiri dari Taman Nasional Hutan Baluran, Polisi dan TNI serta BPBD dan relawan peduli api,  harus berjibaku memadamkan api, karena khawatir asap dari lokasi kebakaran mengganggu pengendara yang sedang melintas.

Lokasi kebakaran berada di blok bitakol. Daun jati yang sudah mengering menyebabkan api dengan cepat membesar. Satu unit mobil pemadam kebakaran di terjunkan ke lokasi, untuk mencegah kebakaran tak semakin meluas.

BACA JUGA :  Kandang Ternak Terbakar, 5.000 Ekor Anak Ayam Ikut Terpanggang

Api yang menghanguskan sekitar lima hektar hutan jati baru berhasil di padamkan satu jam kemudian. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran, namun diduga berasal dari puntung rokok yang di buang sembarangan.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, kebakaran hutan baluran sudah berhasil di padamkan. Menurut Puriyono, penanganan kebakaran hutan berlangsung cepat, karena di Situbondo sudah terbentuk petugas gabungan Karhutla.