BPBD Mulai Distribusi Air bersih ke Lokasi Kekeringan

0
BhasaFM
Distribusi air bersih (2/8) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, mulai mendistribusikan air ke sejumlah daerah yang mengalami krisis air bersih, akibat dampak musim kemarau.

Kemarin (2/8) BPBD mendistribusikan air bersih ke Dusun Leduk, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih.  Memasuki musim kemarau, puluhan Kepala keluarga di tempat mulai mengalami kesulitan air bersih.

Menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Situbondo, Gatot Trikorawan, pihaknya memperkirakan jumlah lokasi kekeringan, tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Gatot mengaku, jika mengacu pada data 2017 lalu, ada 10 Desa tersebar di tujuh Kecamatan, diperkirakan mengalami kekeringan di musim kemarau. Saat ini sudah ada dua desa melaporkan mengalami kekeringan, yaitu Desa Sopet, Kecamatan Jangkar, dan Desa Sumberejo di Kecamatan Banyuputih.

Gatot menambahkan, BPBD mendistribusikan air bersih ke lokasi kekeringan sebanyak 5000 liter. Gatot meminta agar Camat segera melaporkan daerahnya yang sudah mengalami krisis air bersih. Hal itu akan memudahkan BPBD membuat jadwal distribusi air bersih.