Bupati Baru Pimpin Apel Siaga Kebakaran Hutan, Hutan Baluran Kembali Terbakar

0
BhasaFM
kebakaran hutan baluran (17/7) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Baru saja Bupati Dadang Wigiarto memimpin upacara antisipasi kebakaran hutan, hutan baluran kembali terbakar, sekitar pukul 13.00 Selasa siang kemarin (17/7). Kali ini kebakaran terjadi di Blok Bitakol Petak 35 hutan baluran.

Api yang membakar daun jadi yang sudah mengering  itu dengan cepat meluas. Petugas gabungan yang sudah siaga di lokasi kesulitan  memadamkan api. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 3 sore.

Diduga kuat, kebakaran hutan baluran ini disebabkan karena ada orang yang membakar, atau orang buang puntung rokok sembarangan. Saat ini polisi dan Perhutani sedang menyelidiki dugaan adanya pelaku pembakaran hutan ini.

Menurut koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, petugas sudah disiagakan untuk memadamkan api. Namun karena lahan yang terbakar cukup luas, maka membutuhkan waktu cukup lama memadamkannya.

Puriyono mengaku, proses pemadaman melibatan tim gabungan serta masyarakat peduli api. Selain itu, Alat pemadam Slip On dan Ransel semprot milik PHPA Taman Nasional Baluran, juga ikut disiagakan di Blok Bitakol untuk mencegah kebakaran meluas.