Butuh Waktu Lima Jam Evakuasi Sapi Dari Dalam Sumur

0
BhasaFM
Proses evakuasi seekor sapi dari dalam galian sumur bor (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Seekor sapi masuk ke dalam jurang di Dusun Kampung Selatan, Desa Curahkalak, Kecamatan Jangkar, siang kemarin. Butuh waktu lima jam mengevakuasi ternak sapi ini, karena sebagian tubuhnya tertimbun tanah.

Sapi milik Pak Asiyanto, warga setempat, terlepas dari tali di dalam kandangnya. Sapi malang itu kemudian masuk ke dalam galian sumur bor sedalam dua meter.

Semula, warga bersama BPBD dan Satpol serta petugas Damkar Asembagus, berusaha mengangkat sapi secara manual, namun tak membuahkan hasil. Selain lubang sumur yang sempit, sebagian tubuh sapi juga tertimbun tanah.

BACA JUGA :  Pesta Miras Oplosan Dua Remaja Diamankan Polisi

Proses evakuasi akhirnya menggunakan alat berat eskavator. Selain memperlebar sumur, sapi juga diangkat menggunakan tali tapi ditarik eskavator.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, proses evakuasi ternak sapi yang masuk ke dalam galian sumur bor memang cukup lama, karena separuh badan sapi tertimbun tanah dan lubangnya sempit hanya sekitar 180 centi meter.

Puriyono mengaku, ternak sapi itu masuk galian sumur bor sekitar pukul 12 siang dan baru berhasil diangkat sekitar 6 sore. Meski butuh waktu cukup lama, namun seekor sapi bisa dievakuasi hidup-hidup.