Dampak Kemarau Panjang Krisis Air Bersih Meluas ke 11 Dusun di Enam Kecamatan

0
BhasaFM
BPBD distribusi Air bersih di Dusun Krajan Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Musim kemarau panjang berdampak meluasnya krisis air bersih di Situbondo. Saat ini daerah krisis air bersih meluas ke 11 Dusun yang tersebar di enam Kecamatan.

Satu lagi daerah yang mulai mengalami krisis air bersih yaitu Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa.  Umumnya, daerah-daerah yang mengalami krisis air bersih disebabkan karena sumber mata air sudah mengering.

Daerah krisis air bersih ini mengandalkan bantuan air bersih dari BPBD.  BPBD setiap hari menyalurkan 5.000 liter bantuan air bersih ke setiap Dusun secara bergantian menggunakan truk tangki.  Sejak Juli hingga akhir Agustus lalu, BPBD telah mendistribusikan 300 ribu liter lebih air bersih ke daerah terdampak kekeringan.

BACA JUGA :  Rekening Nasabah Bank Dibobol Penelpon Gelap

Dari 11 daerah terdampak kekeringan, paling banyak di Kecamatan Banyuglugur. Lokasi kekeringan berada di tiga Dusun, yaitu Dusun Krajan, Dusun Secangan Barat dan Dusun Secangan Timur, Desa Kalisari.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, pihaknya mendistribusikan air setiap hari. Distribusi air bersih itu mulai dilakukan sejak Juli lalu. Dan mulai awal September ini daerah krisis air bersih bertambah menjadi 11 Dusun.