Diduga Berasal Dari Puntung Rokok, Seluas 2,5 Hektar Lahan Gambut Terbakar

0
BhasaFM
Kebakaran lahan gambut (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Diduga berasal dari puntung rokok, seluas 2, 5 hektar lahan gambut terbakar, siang kemarin. Kebakaran lahan gambut ini sempat membuat panik warga, mengingat lokasinya  berada di belakang perumahan istana mutiara, di Dusun Pareyaan, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Selain itu, sejumlah personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga dikerahkan membantu memadamkan api.

Petugas BPBD menggunakan peralatan jets suter untuk memadamkan api. Petugas pemadam juga harus berjibaku memadamkan api, karena dikhawatirkan merembet ke perumahan warga.

BACA JUGA :  Hati-Hati di Alun-Alun Situbondo Rawan Pencurian

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, api yang menghanguskan lahan gambut baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian, setelah  Petugas PMK dan BPBD berhasil melokalisir api.

Menurut Puriyono, belum diketahui secara pasti menyebab terjadinya kebakaran. Namun diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Lahan gambut yang sudah mengering kemudian terbakar.