Dijanjikan Bekerja di BUMN, Wanita 23 Tahun Jadi Korban Penipuan

0
BhasaFM
ilustrasi

Situbondo- Hati-hati melamar pekerjaan melalui online, jika tak ingin megalami nasib serupa seperti dialami wanita yang satu ini. Erika Marta Arifin tertipu jutaan rupiah setelah melamar pekerjaan melalui online.

Aksi penipuan ini bermula saat wanita berusia 23 tahun, asal Kelurahaan Mimbaan, Kecamatan Panji, mendapat email lowongan pekerjaan dari akun yang mengaku PT PLN Persero, beberapa bulan lalu.

Pemilik akun menjelaskan perusahaan listrik milik Negara itu sedang membuka lowongan pekerjaan bagi pegawai baru. Karena tertarik bekerja di BUMN Erika mengirim surat lamaran, setelah sebelumnya sempat berkomunikasi dengan pemilik akun,

Sekitar satu bulan kemudian, Erika mendapat SMS mengabarkan dirinya lolos seleksi. Untuk meyakinkan korbannya, pelaku juga meminta Erika datang ke Surabaya untuk menjalani tes lanjutan.

BACA JUGA :  Diduga Konsleting Rumah Janda Hangus Terbakar

Selain itu, pelaku juga  juga meminta Erika mengirimkan uang sebesar 3 juta untuk pembeli tiket pesawat dan biaya administrasi. Karena percaya Erika tanpa ragu mentransfer uang melalui BRI.

Setelah selesai mengirim uang, Erika mengaku kembali mendapatkan surat eletronik. Dalam surat yang masuk ke email itu pelaku kembali meminta uang sebesar 1 juta. Merasa ada yang aneh, Erika yang mulai curiga akhirnya menghubungi orang tuanya, kemudian diminta melaporkannya ke Mapolres Situbondo.

Kasubag Humas Polres Situbondo, Iptu Nanang Priambodo, meminta masyarakat tak mudah percaya kalau dijanjikan pekerjaan  dan diminta mentransfer uang. Menurut Nanang, saat ini pihaknya masih menyelidiki dugaan penipuan tersebut, yang pelakunya mencatut nama salah satu BUMN.