Fenomena MJO Menyebabkan Hujan Lebat, Pantura Situbondo Macet Karena Genangan Air dan Pohon Tumbang

0
BhasaFM
Genangan air dan pohon tumbang menyebabkan arus lalulintas macet di jalur pantura situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat, Fenomena MJO dan siklus Eddy atau pusaran angin di utara pulau jawa, berpotensi turunnya hujan lebat dan ringan di Jawa Timur.

Di Situbondo hujan lebat menyebabkan genangan air terjadi di mana-mana. Hujan yang berlangsung sejak sore hingga malam hari, menyebabkan genangan air di sejumlah titik di jalan Patura.

Tak hanya genangan air, hujan lebat juga mengakibatkan pohon tumbang di jalan raya pantura pasir putih. Akibatnya, akses jalan pantura sempat macet sekitar tiga jam, karena tertutup pohon besar yang melintang di tengah jalan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun, Tiga Pengemudi Mobil Tewas Lima Orang Lainnya Terluka

Kemacetan baru mulai terurai, setelah petugas BPBD, Polisi dan TNI mengevakuasi pohon. Selain di pasir putih, pohon tumbang juga terjadi di jalan Raya Kecamatan Kapongan.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono beruntung tidak ada kendaraan melintas saat pohon tumbang ke jalan raya. Puriyono mengaku, pohon berukuran besar itu tumbang karena hujan lebat disertai angin kencang.

Puriyono mengingatkan, agar masyarakat selalu waspada terjadinya banjir dan pohon tumbang, karena sesuai prediksi BMKG bahwa fenomena MJO dan siklus Eddy, bisa berpotensi turunnya hujan lebat dan ringan disertai angin dan petir .