Genangan Air Setinggi 1 Meter Meluber Jalan Raya Hutan Baluran, Arus Lalu Lintas Lumpuh Total

0
Ari meluber ke jalan akses pantura hutan baluran macet total (foto nettizen)

Situbondo– Akses jalan raya pantura di kawasan hutan baluran Kecamatan Banyuputih, macet total sejak siang hingga sore hari. Pengendara dari arah Situbondo-Banyuwangi dan sebaliknya tak bisa melintas karena jalanan tertutup genangan.

Air meluber ke jalan raya setelah terjadi hujan lebat sejak pukul 10 pagi hingga siang hari. Air mulai menggenangi jalan raya Baluran sekitar pukul 1 siang.  Jalanan tertutup genangan air setinggi 1 meter.

Praktis semua kendaraan tak bisa melintas dan arus lalu lintas lumpuh total sekitar 2 jam lamanya. Genangan air yang meluber ke jalan raya disebabkan karena aliran sungai tak bisa menampung debit air yang cukup tinggi.

Menurut Sumarwi, salah seorang relawan mengatakan, baru kali ini terjadi genangan air cukup besar di jalan raya hutan Baluran. Beruntung hujan segera reda dan berangsur-angsur air mulai surut.

Menurut Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Himmawan Setiawan,  kemacetan arus lalu lintas memang cukup lama karena menunggu air surut. Himmawan mengaku, luapan air menggenangi jalan raya karena intensitas hujan sangat tinggi. Selain itu, kemungkinan terjadi penyumbatan saluran hingga memicu terjadinya luapan air

Oleh karena itu kata Himmawan Setiawan, untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Taman Nasional Baluran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here