Heboh, 15 Menit Hujan Es di Kecamatan Sumbermalang

0
Heboh, Hujas es selama 15 menit di Kecamatan Sumbermalang (foto: nettizen)

Situbondo– Kecamatan Sumbermalang diguncang turunnya hujan. Hujan es ini berlangsung sekitar 15 menit itu sempat diabadikan melalui video kamera hand phone seorang petugas perhutani.

Saat hujan es terjadi, warga yang kebetulan berada di luar rumah berhamburan mencari tempat berlindung. Sebagian warga mencari tempat berteduh di warung maupun di bawah pepohonan.

Maklum, hujan es sebesar buah anggur tersebut mengagetkan warga. Sebagian dari mereka yang terkena hujan es mengaku kesakitan dan berlarian mencari tempat berlindung.

hujan es sebesar buah anggur di Sumbermalang

Kepala Resort Kesatuan Pemangku Hutan (KRPH) Kecamatan Sumbermalang, Imam Khodori, mengatakan, hujan es terjadi saat dirinya sedang berpatroli di kawasan hutan Desa Alastengah. Warga yang sedang berada di ladang langsung mencari tempat berlindung.

BACA JUGA :  Giliran Mesin Bajak Traktor Digasak Pencuri

Imam Khodori menambahkan, huja es terjadi sekitar pukul 14.00. Hujan es  berlangsung sekitar 15 menit. Ia mengaku juga mendengar, hujan serupa terjadi di Desa Tamankursi.

Sementara itu, berdasarkan penulusuran di situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa fenomena Hujan es biasanya terjadi disertai kilat atau petir dan angin kencang. Huan es  merupakan gejala yang biasa dan kerapkali terjadi di beberapa daerah, terutama saat memasuki pergantian musim atau transisi pancaroba, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebeliknya.