Hutan Baluran Dekat Latihan Tempur TNI Terbakar

0
BhasaFM
kebakaran hutan baluran (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sekitar 2 hektar Hutan jati di taman nasional hutan baluran kembali terbakar. Kali ini  kebakaran berada di dekat latihan tempur TNI, tepatnya di PTM 9 dekat Pos pantau T12, Karang Tekok, Desa Sumberwaru.

Perisitiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 Senin malam. Api baru berhasi dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Luasnya lahan yang terbakar agak menyulitkan petugas memadamkan kobaran api.

Proses pemadaman melibatkan petugas gabungan, terdiri dari BPBD Situbondo, petugas Taman Nasional Hutan Baluran, Kepolisian, TNI, serta para relawan peduli api hutan baluran.

BACA JUGA :  Tak Terima Garasi Mobil Dibongkar Paksa, Pemilik Lapor Polisi

Selain pemadaman dilakukan secara manual, satu unit mobil pemadam kebakaran juga diterjunkan ke lokasi. Petugas PMK melokalisir kobaran api agar tak meluas mengingat lahan kering yang terbakar dengan cepat meluas.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, proses pemadaman berlangsung cepat, karena petugas yang diterjunkan sudah menguasasi medan. Puriyono mengaku, proses pemadaman dilakukan bersama-sama, ada yang bertugas melokalisir api dan  ada pula yang memadamkan api.