Jumlah Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Kecamatan Jatibanteng Menjadi 107 Rumah

0
BhasaFM
BPBD Situbondo menyerahkan bantuan paket sembako bagi korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Jatibanteng (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Rumah rusak bertambah akibat  hujan deras disertai hujan es dan angin kencang di Kecamatan Jatibanteng. Jika data awal disebutkan 54 rumah rusak, maka jumlah total yang sudah di lakukan pendataan di lapangan mencapai 107 rumah.

Dari 107 rumah yang terdampak angin puting beliung dilaporkan tujuh rumah rusak berat serta 98 rumah rusak ringan. Ada dua Mushallah juga mengalami kerusakan.

Seperti diketahui. Hujan es disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00, Rabu kemarin.  Dari 107 rumah warga rusak diterjang angin puting beliung tersebar di tiga yaitu Desa Semambung, Desa Sumberanyar, dan Desa Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng.

BACA JUGA :  Tiga Alap-Alap Pencuri Sapi Dibekuk Polisi

Kerusakan rumah paling banyak terjadi di Desa Semambung yaitu berjumlah 49 rumah dan empat rumah diantarnya rusak total. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun hujan es disertai angin puting beliung sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, pendataan para korban di lapangan memang terkendala jarak antara lokasi, karena penyebaran rumah yang rusak sangat luas dan terpencar-pencar.

Puriyono mengaku, pihaknya sudah mensuplai bantuan paket makanan kepada warga terdampak bencana alam. Petugas juga terus memantau perkembangan cuaca, karena dikhawatirkan terjadi cuaca ekstrem di awal musim penghujan ini.