Krisis Air Bersih di Situbondo Meluas di 12 Dusun

0
BhasaFm
Petugas BPBD mendistribusikan air bersih bergantian di 12 Dusun mengalami kekeringan (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Daerah yang mengalami krisis air bersih di Situbondo kian meluas. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah, saat ini ada 12 Dusun mengalami krisis air bersih di musim kemarau.

Untuk memenuhi kebutuhan warga, BPBD Situbondo mendistribusikan 5000 liter air PDAM secara bergantian ke lokasi kekeringan. Sebanyak 12 Dusun yang mengalami kekeringan, yaitu Dusun Beto Labeng, Desa Sopet, Kecamatan Jangkar. Dusun Jerugen, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan.

Dusun Krajan, Dusun  Sokaan Timur, Desa Gunung Putri, dan Desa Cemara, Kecamatan Suboh.  Dusun Jambaran Barat dam Dusun Jambaran Timur, Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang. Dusun Krajan, Dusun Secangan Timur dan Secangan Barat, Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur,

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, pendistribusian air bersih terus dilakukan secara bergantian, untuk membantu warga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Gatot menambahkan, setiap daerah yang mengalami kekeringan sudah survey terlebih dahulu. Tak semua daerah kekeringan meminta bantuan air, karena sebagian hanya meminta bantuan tandon untuk menampung air dari sumber mata air.