Lahan Rumput Kering Terbakar, Butuh Waktu Satu Jam Petugas Memadamkan Api

0
BhasaFM
Petugas BPBD memadamkan api yang menghanguskan lahan rumput kering (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kembali lahan rumput kering terbakar di kawasan Capore, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, sekitar pukul 1 siang kemarin. Rumput yang sudah mengering menyebabkan api dengan cepat meluas.

Petugas gabungan yang turun ke lokasi harus berjibaku memadamkan api. Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk melokalisir kebakaran. Api baru berhasil di padamkan satu jam kemudian.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Lahan rumput seluas 3 hektar itu ditemukan sudah terbakar. Warga sempat berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya, karena khawatir api akan merembet ke pemukiman warga.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, kebakaran lahan tersebut memang sulit dipadamkan, mengingat luasnya lahan yang terbakar. Selain itu, api juga dengan cepat merembet karena rumput yang sudah mengering sangat mudah tersulut api.

Puriyono mengaku, saat ini penyebab terbakarnya lahan rumput kering itu masih dalam penyelidikan aparat kepolisian. Puriyono menghimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena bisa memicu terjadinya kebakaran.