Perbaikan Pipa Air Bersih dan Pembangunan Jembatan Alternatif Jadi Prioritas Tanggap Darurat

0
LPM merak serahkan bantuan perbaikan pipa saluran air bersih di Kecamatan Sumbermalang(Foto;zaini zain)

Situbondo-Hari kedua pasca banjir bandang yang menimpa Kecamatan Sumbermalang dan Kecamatan Asembagus, berbagai langkah tanggap darurat dilakukan Pemkab Situbondo. Selain Pemerintah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak), juga menggelar kegiatan sosial di dua Kecamatan (09/01/18)kemarin.

Perbaikan sambungan pipa air bersih di Kecamatan Sumbermalang, menjadi perioritas LPM Merak. Sebab sejak terjadi banjir bandang, ribuan warga di empat Desa di Kecamatan Sumbermalang kesulitan air bersih, karena pipa saluran air bersih rusak terkena banjir.

Tidak hanya itu, LPM Merak juga membangun jembatan alternatif di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus. Jembatan ini merupakan jembatan sementara, agar warga  dan anak sekolah bisa tetap beraktifitas.

Menurut Ketua LPM Merak, Kamarul Muniri, pihaknya membantu pemerintah menangani tanggap darurat pasca bencana banjir bandang.  Pria yang akrab dipanggil Arul itu mengatakan, Memperbaiki pipa saluran air bersih dan jembatan alternatif, sesuai arahan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi selaku Ketua Dewan Pembina LPM Merak.

Arul menambahkan, untuk bantuan perbaikan pipa saluran air bersih, langsung diserahkan kepada Camat Sumbermalang Sopan Efendi. Pihak Kecamatan yang akan mengkoordinir pelaksaan teknis perbaikan di lapangan.