Petani Tewas Terseret Banjir, Jembatan Putus Warga Satu Desa Terisolir

0
jembatan penghubung dua desa di Kecamatan Sumbermalang ambrol diterjang banjir bandang(Foto:Zaini Zain)

Situbondo-Banjir bandang menimpa tiga Desa di Kecamatan Sumbermalang. Seorang petani yang sedang berada di ladang tewas terseret air sungai. Korbannya bernama Pak Maryam, 42 tahun, warga Dusun Paku Alas, Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang.

Korban ditemukan di menyangkut bebatuan di sungai Desa Baderan. Saat itu juga korban langsung dievakuasi ke Puskesmas setempat. Saat kejadian korban sedang memperbaiki tanggul sawah.  Korban tak bisa menyelamatkan diri karena air sungai datang secara tiba-tiba.

Sementara itu, jembatan penghubung Desa Kalirejo dan Desa Sumber Argo terputus. Jembatan ini dibangun pada tahun 2008 silam menggunakan bantuan dana PNPM. Terputusnya jembatan penghubung dua desa ini, menyebabkan warga di Desa Sumber Argo terisolir.

Data yang diterima Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo menyebutkan. Tiga desa yang terkena dampak bencana banjir di Kecamatan Sumbermalang, masing-masing Desa Kalirejo, Desa Sumber Argo dan Desa Taman Kursi.

Banjir terjadi setelah terjadi hujan lebat sekitar tiga jam. Sungai glindung yang tak mampu lagi menampung debit air meluap, hingga menggenangi areal persawahan dan membuat sejumlah lokasi mengalami tanah longsor. Debit sungai yang tinggi menyebabkan satu jembatan terputus. Selain itu, bencana alam juga terjadi di Dusun Pagar Gunung, Desa Pategalan, Kecamatan Jatibanteng. Sebuah jembatan dilaporkan terputus diterjang banjir bandang.

Bajir bandang juga terjadi di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus. Banjir kiriman dari lereng gunung ijen tersebut, menyebabkan sejumlah rumah tergenang air setinggi 30 cente meter. Banjir bandang juga mengakibatkan sejumlah jembatan bambu dan permanin terputus.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, pihaknya sudah menerjunkan tim ke Dusun Samir Desa Bantal Kecamatan Asembagus, serta sejumlahh lokasi bencana alam di Kecamatan Sumbermalang.

Gatoto mengaku, Hari ini Tim BPBD bersama Kpolisian dan TNI, akan mengevakuasi material menutup jalan di lokasi bencana. Selain itu, BPBD juga akan membantu membangun jembatan alternatif di sejumlah lokasi, seperti di Dusun Samir, di Desa Kalirejo dan Desa Pategalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.