Polres Situbondo Bentuk Kampung Tertib Lalu lintas

0
BhasaFm
kampung lalu lintas (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Polres Situbondo memiliki program baru berupa kampung tertib lalu lintas. Pencanangan kampung lalu lintas ini pertama kali dilakukan di Perumahan Graha Bumi Ayu, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan kota Situbondo.

Satuan Lalu lintas Polres Situbondo telah mengecat lis  dan memasang rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan perumahan. Kampung tertib lalu lintas ini dihuni sebanyak 85 Kepala Keluarga.

Tak hanya memasang sarana penunjang, Kasat lantas Polres Situbondo, AKP Hendrix K Wardana, juga menyerahkan berbagai peralatan  keamanan kepada Ketua RT. 06 RW .04 Graha Bumi Ayu,  Abdul Latif. Bantuan yang diserahkan berupa jas hujan, rompi lantas, borgol serta senter lantas.

Menurut Ketua RT. 06 RW.04, Abdul Latif, pihaknya sangat senang karena Graha Bumi Ayu menjadi percontohan kampung tertib lalu lintas. Abdul Latif mengaku akan terus melakukan sosialisasi kepada warganya akan pentingnya budaya tertib berlalu lintas.

BACA JUGA :  Selama Musim Kemarau Terjadi 64 Kali Kebakaran di Situbondo, Kerugian Hampir 1 Miliar

Abdul Latif menambahkan, selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga akan terus menanamkan budaya malu kepada warganya. Jika ada warga perumahan tak mengenakan helm saat berkendara, Satpam yang sedang berjaga diperintahkan untuk langsung menegurnya.

Sementara itu, Kasat lantas AKP Hendrix K Wardana mengatakan, pihaknya mendorong  warga perumahan Graha Bumi Ayu jadi percontohan kampung tertib lalu lintas. Selanjutnya kata Hendrix, diharapan akan ada kampung lain di Situbondo juga menjadi kampungnya sebagai kampung tertib lalu lintas.

Hendrix menegaskan, kampung tertib lalu lintas ini sebagai bentuk edukasi menggugah kesadaran masyarakat, akan pentingnya tertib berlalu lintas. Dengan demikian, angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di jalan raya diharapkan akan terus berkurang.