Sehari Dua Kali Terjadi Kebakaran di Situbondo

0
BhasaFM
Petugas pemadam memadamkan api di kandang sapi yang terbakar di Dusun Gumuk Desa Gelung Kecamatan Panarukan. (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sehari dua kali terjadi kebakaran di Situbondo. Kebakaran pertama terjadi di Dusun Gumuk, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan. Sebuah rumah warga nyaris hangus dilalap si jago merah.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11 siang itu menimpa rumah Pak Doyan, 70 tahun. Saat kebakaran terjadi pemilik sedang berada di dalam rumahnya. Kebakaran baru diketahui saat istri Pak Doyan hendak keluar rumah.

Melihat atap samping rumahnya terbakar, korban berteriak meminta tolong. Warga sempat berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya. Kebakaran berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo tiba di lokasi.

Api yang menyambar atap samping rumah itu berasal dari kandang sapi. Api terlebih dulu membakar kandang kemudian merembet ke atap rumah. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran, namun diduga berasal dari sisa pembakaran tumpukan sampah di kandang sapi.

BACA JUGA :  Motor Berpenumpang Pasutri dan Anaknya Masuk Jurang, Satu Meninggal

Selain itu, kebakaran serupa terjadi di hutan Baluran, sekitar pukul 2 sore. Semula kebakaran terjadi di hutan perbatasan Situbondo-Banyuwangi. Namun karena angin bertiup kencang, api dengan cepat merembet ke hutan di blok curah tangis.        

Menurut Koordiator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, petugas taman nasional baluran di bantu relawan peduli api, bahu membahu memadamkan api agar kebakaran tak meluas. Kebakaran di hutan baluran itu baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian.