Sekitar 3 Hektar Lahan Hutan Lindung Terbakar

0
BhasaFM
Hutan terbakar di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. (foto: Zaini Zain)
Situbondo- Diduga berasal dari puntung rokok sekitar 3 hektar lahan terbakar. Lahan yang terbakar tersebut berada di petak 44 D hutan lindung tebatas, di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Kebakaran ini dengan cepat meluas, karena lahan yang terbakar berupa lahan gambut dan daun pohon jati yang sudah mengering. Petugas perhutani bersama personil Pusdalops BPBD Situbondo harus bahu membahu memadamkan api.

Proses pemadaman dilakukan secara manual, karena mobil pemadam kebakaran tak bisa masuk ke lokasi. Angin yang bertiup kencang, menyulitkan petugas melakukan pemadaman. Api baru berhasil dipadamkan sekitar dua jam kemudian.

Menurut koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, beruntung lokasi kebakaran jauh dari pemukiman warga. Puriyono mengaku, petugas kesulitan melokalisir api, karena kobaran api dengan cepat meluas.

Puriyono menambahkan, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran lahan hutang lindung tersebut. Bisa jadi, kebakaran disebabkan karena warga membuang puntung rokok  sembarangan.