Selama Musim Kemarau Terjadi 64 Kali Kebakaran di Situbondo, Kerugian Hampir 1 Miliar

0
BhasaFM
Jadi arang, tiga dari rumah yang terbakar rusak total ratah dengan tanah di Desa Kalirejo Kecamatan Sumbermalang (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Musim kemarau menyebabkan tingginya jumlah kebakaran di Situbondo. Selama musim kemarau, sudah tercatat ada 64 kali kebakaran. Akibat kebakaran ini kerugian materi ditaksir mencapai hampir 1 Miliar.

Dari 64 kali kebakaran tersebut paling banyak kebakaran rumah. Kasus terbaru kebakaran rumah ini terjadi di Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang. Tiga dari lima rumah yang terbakar rata dengan tanah beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbndo. Kebakaran rumah selama musim kemarau di Situbondo terjadi sebanyak 21 kali.  Kebakaran lahan kosong atau lahan gambut 17 kali. Kebakaran hutan sebanyak 14 kali, serta sisanya kebakaran lahan tebu serta toko dan kandang sapi.

BACA JUGA :  Nunggu Orang Tua Opname, HP Keluarga Pasien Digasak Pencuri di RSUD Abdoer Rahem

Menurut Plt Kepala BPBD Situbondo, Budi Nurwanto, dari 64 kasus kebakaran tersebut, menyebabkan kerugian materi ditaksir mencapai 984 juta lebih.

Budi menghimbau warga berhati-hati selama musim kebakaran, karena cuaca panas bisa menyebabkan pemicu terjadinya kebakaran. Budi mengaku bersyukur, karena kasus kebakaran sejauh ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.