Selang Tabung Gas Bocor Dua Rumah Ludes Terbakar

0
BhasaFM
Kebakaran dua rumah di Dusun Pandu Bawah RT1 RW 5, Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang. (11/9) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dua rumah warga ludes terbakar di Dusun Pandu Bawah RT1 RW 5, Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang. Kebakaran dahsyat ini dipicu karena selang gas LPG bocor.

Kebakaran rumah ini terjadi selasa (11/9) malam kemarin sekitar pukul 19.00. Dua rumah yang terbakar masing-masing milik Su’ud, 54 tahun dan Arif Rahman,29 tahun. Satu rumah lagi ikut rusak karena dijadikan warga memadamkan api, yaitu milik Suhri,48 tahun.

Kebakaran bermula saat istri Su’ud bernama Sumarna hendak menganti tabung gaz LPG.  Nah saat memasang selang selesai tiba-tiba api dari tungku menyambar. Api terus membesar dan merembet ke rumah Arif rahman.

Kebakaran ini sempat membuat warga setempat panik, saat mendengar ledakan tabung gaz dan pemilik rumah menjerit meminta tolong. Warga bahu membahu memadamkan si jago merah.   Api baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan, api yang menyambar tabung LPG berasal dari tungku. Pemilik rumah mengaku tak menyangka, karena api sisa memasak di dalam tungku sudah mati.

Puriyono menambahkan, kebakaran ini menyebabkan satu rumah rusak total, sedangkan satu rumah rusak berat dan satu rumah rusak ringan. Akibat kebakaran ini ditaksir kerugian mencapai 90 jutaan.