Sidak Lokasi Tambang, Polisi Minta Penambang Melengkapi Perijinan

0
BhasaFM
Polisi sidak lokasi tambang (10/10) (foto: Zaini zain)

Situbondo- Polres Situbondo menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah lokasi tambang. Sidak melibatkan petugas gabungan tersebut dipimpin langsung Kabag Ops Kompol Hermanto.

Polisi meminta semua tambang tak berijin berhenti hingga mengantongi perjinan. Salah satu lokasi tambang yang didatangi Polisi  di Dusun Watulunggu, Desa Kotakan, Kecamatan kota Situbondo.

Menurut Kompol Hermanto, aktivitas tambang di Watulunggu Desa Kotakan, memang sudah mengantongi ijin pemerataan untuk tempat pembangunan pom bensin, namun belum mengantongi ijin angkut.

Kompol Hermanto mengaku, sidak (10/10) kemarin baru dilakukan di Kecamatan Kota Situbondo dan Kecamatan Panji. Hermanto meminta, agar semua pertambangan berhenti sementara, sebelum melengkapi perijinannyanya.

Selain inspeksi mendadak kelengkapan izin pertambangan di Desa Kotakan, Polisi melanjutkan operasi aktivitas pertambangan di Kecamatan Panji. Polisi juga menemukan salah satu tambang belum memiliki IUP atau Izin Usaha Produksi.

Kompol Hermanto menambahkan, sidak pertambangan akan dilanjutkan ke sejumlah lokasi di wilayah timur dan barat.Selain akan memeriksa kelengkapan perijinan, polisi juga akan memeriksa titik koordinat lokasi tambang.

Data yang diterima Bhasa menyebutkan. Proses pengajuan ijin pertambangan memang ada beberapa tahapan, diantaranya, rekomendasi  dari Desa, rekomendasi tata ruang dari Bappeda, rekomendasi  tata ruang provinsi, titik kordinat lokasi tambang dari provinsi, WIUP atau Wilayah Izin Usaha Pertambangan dari provinsi, serta izin usaha pertambangan eksplorasi dan izin usaha produksi.