Sudah Rapuh, Pohon Tumbang Menutup Separuh Ruas Jalan

0
BhasaFM
Pohon tumbang menutup separuh ruas jalan di jalan PB Sudirman lingkungan Karangasem Kelurahan Patokan Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Arus lalulintas di jalan pantura kawasan kota Situbondo terganggu pohon tumbang. Pohon yang berada di tepi jalan PB Sudirman lingkungan Karangasem, Kelurahan Patokan itu  tumbang ke tengah jalan, sekitar pukul 9 malam Selasa malam.

Akibatnya, separuh ruas jalan yang tertutup pohon menyebabkan arus lalulintas harus buka tutup. Beruntung, tidak ada pengendara yang melintas saat pohon berdiameter 50 centi meter itu tumbang ke jalan raya.

Sejumlah petugas BPBD Situbondo diterjunkan ke lokasi untuk mengevakuasi pohon ke tepi jalan. Dibantu masyarakat, pohon di potong kemudian di singkirkan ke tepi jalan.

BACA JUGA :  Dump Truck Pengangkut Pasir Terperosok Karena Bahu Jalan Amblas

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, pohon yang tumbang ke tepi jalan itu jenis pohon palembang. Pohon tumbang karena tertiup angin kencang dan akarnya sudah rapuh.

Puriyono mengaku, butuh waktu sekitar satu jam untuk membersihkan pohon menggunakan mesin senso. Selama proses evakuasi berlangsung, petugas Polantas Polres Situbondo mengatur arus lalulintas, karena akses jalan menggunakan sistem buka tutup.